Selasa, 25 Oktober 2011

KIAT-KIAT MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN)



Sebentar lagi siswa-siswi kelas akhir (SD/MI, SMP/MTs, SLTA/MA sederajat) akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Peserta UN tidak boleh melupakan ibadah, sebab orang yang melakukan ibadah untuk Allah dengan sungguh-sungguh pasti belajarnya sungguh-sungguh.
Ilmu itu cahaya, wudhu itu cahaya. Jadi kalau kita sebelum belajar berwudhu dulu maka ilmunya akan masuk ke hati.
Ada 4 (Empat) hal yang tidak boleh kita lupakan  menjelang ujian.
Pertama, Belajar sungguh-sungguh.
Kedua, Berdoa sungguh-sungguh, minta sama Allah saat qiyamul lail (shalat malam), jangan lupa minta doa kedua orang tua.
Kiat ketiga agar sukses menjalani UN setelah ikhtiar dan berdoa adalah berprasangka baik kepada semua orang dan selalu optimis. Hamba Allah yang beriman selalu optimis dan tidak pesimis. Optimis didapati karena doa dan ikhtiarnya yang sungguh-sungguh.
Dan kiat yang keempat adalah tawakkal. “siapa yang menyerahkan hasilnya kepada Allah, maka Allah-lah yang memenuhi kebutuhannya. Caranya, bangun malam (shalat tahajjud), sebelum belajar buka Al-Qur’an, eeeettttsss...... jangan sekedar buka Al-Qur’an doank tapi harus dibaca lho...!!! Bagi laki-laki shalat berjemaah di mesjid atau mushallah itu lebih utama. Allah selalu bersama hambanya yang malamnya tahajjud dan siangnya dhuha dan lebih baik lagi bersedekah. Karena malaikat mendoakan hambanya yang bersedekah, menjaga wudhu, dan istighfar kepada Allah.
Apabila rohani sudah terpenuhi, jasmani pun harus dijaga. Kita diciptakan Allah fi ahsani taqwim, maka dari itu kita jaga dengan makanan bergizi, makanan halal, istirahat teratur dan yang tidak kalah pentingnya adalah jangan BEGADANG serta manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.
Modal utama menghadapi Ujian nasional adalah keyakinan. Kunci sukses yaitu dengan 5 (Lima) BER, Ber yang pertama adalah berniat. “Orang yang  mau berhasil harus berniat, dalam niat ada keyakinan”. Ber yang kedua yaitu berilmu. “Semua amal atau pekerjaan harus dengan ilmu”. Ber yang ketiga adalah berusaha. “Memaksimalkan ikhtiar dengan sungguh-sungguh”, man jadda wa jada yang artinya siapa bersungguh-sungguh pasti mendapat. Ber yang keempat adalah bersyukur. “Allah memberikan potensi, bakat, akal, dan indera yang berbeda-beda kepada hambanya, bersyukur adalah jalan keberhasilan”. Ber yang kelima adalah bersabar. “sabar adalah kekuatan dan keteguhan hati.
Selamat menempuh Ujian Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar