LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI
MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL
ANWAR
RANTAU BUJUR HILIR
KECAMATAN SUNGAI TABUKAN
KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Diajukan untuk memenuhi syarat mata kuliah PPL
Guna mendapatkan Akta IV
Nama :
AULIA RAHMAN
Fakultas
: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program
Studi : AKTA IV
Dosen
Pembimbing : Drs. Muhammad Gaus
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARMASIN
2011
LEMBAR PERSETUJUAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI
MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL
ANWAR
RANTAU BUJUR HILIR
KECAMATAN SUNGAI TABUKAN
KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
TAHUN 2011
Disetujui Oleh :
Kepala
MI Mathla’ul Anwar
|
Dosen Pembimbing
|
M. ANSHARI, S.Pd.I
NIP. 19780318 200501 1 005
|
Drs. MUHAMMAD GAUS
NIK. 000 087 047
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur
sebesar-besarnya penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa
memberikan Berkah, Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga Laporan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) di MI Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan
Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan ini
dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Praktek mengajar yang
dilaksanakan di MI Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan
Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan mulai
tanggal 29 Juli 2011 sampai dengan tanggal 30 Juli 2011. Praktek dilaksanakan
sebanyak 2 kali pertemuan.
Penulis menyadari bahwa
dalam penyusunan laporan ini banyak mendapat dukungan, arahan, bimbingan serta
saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tidak lupa
penulis mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
1. Bapak
Drs. H. M. Fauzani, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Achmad Yani Banjarmasin.
2. Bapak
Drs. M. Gaus Selaku Dosen Pembimbing dalam penulisan laporan PPL ini.
3. Seluruh
Dosen, Staf dan Karyawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Achmad Yani Banjarmasin.
4. Bapak
M. Anshari, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar.
5. Seluruh
Dewan Guru dan Staf Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar.
6. Kedua
Orang Tua, Kakak serta Adikku yang senantiasa memberikan dorongan, semangat,
kasih sayang dan limpahan do’a selama penulis menempuh pendidikan Akta IV
Universita Achmad Yani Banjarmasin hingga penyusunan laporan PPL ini.
7. Seluruh
rekan-rekan mahasiswa program Akta IV Universitas Achmad Yani Banjarmasin yang
membantu kelancaran penulisan laporan PPL ini.
Meskipun penulis telah
berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan laporan ini, tetapi tentu tidak
tertutup kemungkinan bila dalam laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan.
Oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun senantiasa penulis
harapkan untuk perbaikan.
Akhirnya penulis
berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amien.
Banjarmasin,
Agustus 2011
Penulis,
AULIA RAHMAN
DAFTAR ISI
|
|
Halaman
|
|
HALAMAN JUDUL
.............................................................................
LEMBAR PERSETUJUAN
...................................................................
KATA PENGANTAR
........................................................................
DAFTAR ISI
....................................................................................
|
i
ii
iii
v
|
||
BAB I
BAB II
BAB III
|
PENDAHULUAN
................................................................
A. Maksud
dan Tujuan .........................................................
B. Tempat
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ................
C. Jadwal
Kegiatan ...............................................................
D. Pelaksanaan
Ujian Praktek Mengajar .............................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. RPP
Pertemuan Pertama ...............................................
B. RPP
Pertemuan Kedua ..................................................
PENUTUP
...........................................................................
A. Kesan-kesan
Selama Praktek .........................................
B. Kesimpulan
.................................................................
|
1
1
2
2
2
4
4
8
12
12
12
|
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN
.............................................................
1. Surat
Keputusan Dosen Pembimbing PPL ......................................
2. Mohon
Kesediaan Membina Mahasiswa PPL .................................
3. Surat
Keterangan PPL dari Kepala MI Mathla’ul Anwar ..................
|
14
14
17
18
|
||
BAB I
PENDAHULUAN
A. Maksud
dan Tujuan
Praktek
mengajar (PPL) merupakan salah satu dari kegiatan praktek yang wajib diikuti
oleh setiap mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
program Akta IV pada Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Bentuk kegiatan dalam
praktek tersebut adalah berupa praktek mengajar disekolah-sekolah masing-masing
tempat mahasiswa bertugas dan ada juga ditentukan oleh pihak Fakultas.
Adapun
maksud dan tujuan dilaksanakannya praktek mengajar dalam PPL ini adalah :
1. Sebagai
tindak lanjut dari kegiatan pelaksanaan observasi yang telah ditetapkan oleh
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Achmad Yani
Banjarmasin.
2. Memberi
pengalaman langsung dilapangan kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat
melaksanakan pengelolaan sekolah pada umumnya dan melaksanakan praktek mengajar
pada khususnya.
3. Untuk
mendapatkan bekal pengalaman bagi penulis terutama pada cara-cara mengajar atau
dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sesungguhnya dikelas.
4. Untuk
menerapkan ilmu pengetahuan teoritis yang pernah penulis dapatkan saat kuliah
pada keadaan sebenarnya.
5. Untuk
memenuhi tugas kurikuler pada Program Administrasi Pendidikan di Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Bnajarmasin.
B. Tempat
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar yang beralamat di Desa
Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara
Propinsi Kalimantan Selatan.
C. Jadwal
Kegiatan
Adapun jadwal praktek mengajar dalam PPL di Madrasah
Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan
Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan, yaitu :
1. Pertemuan
pertama pada tanggal 29 Juli 2011.
2. Pertemuan
kedua pada tanggal 30 Juli 2011.
D. Pelaksanaan
Ujian Praktek Mengajar
Pelaksanaan penilaian dilaksanakan dua kali oleh
pembimbing. Penilaian pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2011 dan
penilaian kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2011 di Madrasah Ibtidaiyah
Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu
Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan. Tujuan penilaian dimaksudkan untuk
mengetahui sejauh mana kemampuan praktek dalam mengelola kelas dan mengelola
pengajaran selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.
BAB II
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
A.
RPP Pertemuan Pertama
I.
Identitas
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas
/ Semester : V (Lima) / I (Satu)
Pertemuan
ke :
I (Satu)
Alokasi
Waktu : 3 x 35 Menit (3 Jam
Pelajaran)
Hari
/ Tanggal : Jumat, 29 Juli
2011
Standar Kompetensi :
§ Mengidenfitikasi
fungsi organ pernafasan manusia.
Kompetensi dasar :
§ Menyebutkan
organ-organ pernafasan manusia.
§ Menjelaskan
fungsi masing-masing organ pernafasan manusia.
Indikator :
§ Mengidentifikasi
fungsi organ pernafasan manusia.
II.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menyebutkan alat-alat pernafasan manusia.
2. Siswa
dapat menjelaskan fungsi masing-masing alat pernafasan manusia.
III. Materi
Pembelajaran
§ Organ
pernafasan
IV. Metode
Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2. Ceramah
3. Diskusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar