Sabtu, 24 September 2011

LAPORAN PPL


LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI  MADRASAH IBTIDAIYAH  MATHLA’UL ANWAR
RANTAU BUJUR HILIR
KECAMATAN SUNGAI TABUKAN
KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA



Diajukan untuk memenuhi syarat mata kuliah PPL
Guna mendapatkan Akta IV

 

















Nama                           :   AULIA RAHMAN
Fakultas                       :   Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi             :   AKTA IV
Dosen Pembimbing     :   Drs. Muhammad Gaus





FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARMASIN
2011  



LEMBAR PERSETUJUAN

PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI  MADRASAH IBTIDAIYAH  MATHLA’UL ANWAR
RANTAU BUJUR HILIR
KECAMATAN SUNGAI TABUKAN
KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
TAHUN 2011














Disetujui Oleh :


Kepala
MI Mathla’ul Anwar

Dosen Pembimbing





M. ANSHARI, S.Pd.I
NIP. 19780318 200501 1 005





Drs. MUHAMMAD GAUS
NIK. 000 087 047





KATA PENGANTAR

Puji syukur sebesar-besarnya penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan Berkah, Rahmat, Taufik dan Hidayah-Nya sehingga Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MI Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Praktek mengajar yang dilaksanakan di MI Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli 2011 sampai dengan tanggal 30 Juli 2011. Praktek dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak mendapat dukungan, arahan, bimbingan serta saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
1.    Bapak Drs. H. M. Fauzani, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin.
2.    Bapak Drs. M. Gaus Selaku Dosen Pembimbing dalam penulisan laporan PPL ini.
3.    Seluruh Dosen, Staf dan Karyawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin.
4.    Bapak M. Anshari, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar.
5.    Seluruh Dewan Guru dan Staf Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar. 
6.    Kedua Orang Tua, Kakak serta Adikku yang senantiasa memberikan dorongan, semangat, kasih sayang dan limpahan do’a selama penulis menempuh pendidikan Akta IV Universita Achmad Yani Banjarmasin hingga penyusunan laporan PPL ini.
7.    Seluruh rekan-rekan mahasiswa program Akta IV Universitas Achmad Yani Banjarmasin yang membantu kelancaran penulisan laporan PPL ini.
Meskipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan laporan ini, tetapi tentu tidak tertutup kemungkinan bila dalam laporan ini masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun senantiasa penulis harapkan untuk perbaikan.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, amien.

Banjarmasin,     Agustus 2011
Penulis,


AULIA RAHMAN






DAFTAR ISI



Halaman
HALAMAN JUDUL .............................................................................
LEMBAR PERSETUJUAN ...................................................................
KATA PENGANTAR ........................................................................
DAFTAR ISI ....................................................................................
i
ii
iii
v
BAB I




BAB II


BAB III
PENDAHULUAN ................................................................
A. Maksud dan Tujuan .........................................................
B. Tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ................
C. Jadwal Kegiatan ...............................................................
D. Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar .............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. RPP Pertemuan Pertama ...............................................
B. RPP Pertemuan Kedua ..................................................
PENUTUP ...........................................................................
A. Kesan-kesan Selama Praktek .........................................
B. Kesimpulan .................................................................
1
1
2
2
2
4
4
8
12
12
12
LAMPIRAN – LAMPIRAN .............................................................
1.    Surat Keputusan Dosen Pembimbing PPL ......................................
2.    Mohon Kesediaan Membina Mahasiswa PPL .................................
3.    Surat Keterangan PPL dari Kepala MI Mathla’ul Anwar ..................
14
14
17
18

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Maksud dan Tujuan
Praktek mengajar (PPL) merupakan salah satu dari kegiatan praktek yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, program Akta IV pada Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Bentuk kegiatan dalam praktek tersebut adalah berupa praktek mengajar disekolah-sekolah masing-masing tempat mahasiswa bertugas dan ada juga ditentukan oleh pihak Fakultas.
Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya praktek mengajar dalam PPL ini adalah :
1.    Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelaksanaan observasi yang telah ditetapkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Achmad Yani Banjarmasin.
2.    Memberi pengalaman langsung dilapangan kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk dapat melaksanakan pengelolaan sekolah pada umumnya dan melaksanakan praktek mengajar pada khususnya.
3.    Untuk mendapatkan bekal pengalaman bagi penulis terutama pada cara-cara mengajar atau dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sesungguhnya dikelas.
4.    Untuk menerapkan ilmu pengetahuan teoritis yang pernah penulis dapatkan saat kuliah pada keadaan sebenarnya.
5.    Untuk memenuhi tugas kurikuler pada Program Administrasi Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Bnajarmasin.

B.   Tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar yang beralamat di Desa Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan.

C.  Jadwal Kegiatan
Adapun jadwal praktek mengajar dalam PPL di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan, yaitu :
1.    Pertemuan pertama pada tanggal 29 Juli 2011.
2.    Pertemuan kedua pada tanggal 30 Juli 2011.

D.  Pelaksanaan Ujian Praktek Mengajar
Pelaksanaan penilaian dilaksanakan dua kali oleh pembimbing. Penilaian pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2011 dan penilaian kedua dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2011 di Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Rantau Bujur Hilir Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan. Tujuan penilaian dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan praktek dalam mengelola kelas dan mengelola pengajaran selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.





















BAB II
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

A.       RPP Pertemuan Pertama
I.            Identitas
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan  Alam
Kelas / Semester           : V (Lima) / I (Satu)
Pertemuan ke                : I (Satu)
Alokasi Waktu             : 3 x 35 Menit (3 Jam Pelajaran)
Hari / Tanggal              : Jumat, 29 Juli 2011
Standar Kompetensi  :
§  Mengidenfitikasi fungsi organ pernafasan manusia.
Kompetensi dasar      :       
§  Menyebutkan organ-organ pernafasan manusia.
§  Menjelaskan fungsi masing-masing organ pernafasan manusia.
Indikator                     :
§  Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan manusia.

II.             Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menyebutkan alat-alat pernafasan manusia.
2.    Siswa dapat menjelaskan fungsi masing-masing alat pernafasan manusia.
III.    Materi Pembelajaran
§  Organ pernafasan

IV.    Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Ceramah
3.    Diskusi